Connect with us

Internasional

Satgas Rimpac TNI AL Disambut Penuh Persahabatan di Hawaii

HAWAI, Metroheadline.com – KRI I Gusti Ngurah Rai-332, kapal Satuan Tugas Latihan Bersama Multilateral Rim of Pacific (Satgas Latma Multilateral Rimpac) 2022 TNI Angkatan Laut (TNI AL) tiba di Dermaga Joint Pearl Harbour Hickam (JBPHH) Hawaii, Amerika Serikat Minggu (26/6), setelah 11 hari pelayaran dari Guam.

Kedatangan Satgas Latma Rimpac yang dikomandani Kolonel Laut (P) Lewis N. Nainggolan yang juga Komandan KRI I Gusti Ngurah Rai-332 disambut langsung oleh Atase Pertahanan Laut (Athal) RI untuk Amerika Serikat Kolonel Laut (P) Yano Wenas serta JBPHH Deputy Commander, Colonel Michael Staples. Athal RI mengucapkan selamat datang kepada Satgas dan memberikan pengarahan terkait Latma Rimpac 2022 yang akan dilaksanakan. Sementara itu Colonel Michael Staples mewakili JBPHH Commander mengucapkan selamat datang dan memberikan kesempatan kepada stafnya untuk memberikan welcome brief kepada Satgas.

Pelaksanaan welcome brief dipimpin oleh Commander Laura Richardson yang memberikan penjelasan tentang peraturan dan tata tertib selama berada di JBPHH kepada para perwira Satgas. Selain itu disampaikan pula hal-hal yang perlu diketahui terkait tempat fasilitas kesehatan, perbelanjaan, tempat wisata, kompetisi olahraga, serta event lain yang akan berlangsung selama Rimpac 2022. Harapannya kebutuhan personel Satgas yang akan sandar selama masa Harbour Phase, yakni 16 hari, akan terpenuhi.

Sebelumnya, menjelang sandar di Dermaga JBPHH Hawaii, KRI I Gusti Ngurah Rai-332 masih berkesempatan melaksanakan Latihan pembekalan di laut atau underway replenishment (UNREP) dengan kapal perang Amerika USNS Henry J. Kaiser di Perairan Hawaii, Amerika Serikat. Kapal ini merupakan kapal tanker atau oiler milik US Navy yang khusus diperuntukan untuk pemberian perbekalan bahan bakar maupun air tawar dan bahan logistik lainnya di laut bagi kapal-kapal perang Amerika Serikat.

UNREP tersebut dilaksanakan untuk pengisian bahan bakar sebelum KRI I Gusti Ngurah Rai-332 masuk ke Dermaga Joint Base Pearl Harbour Hickam (JBPHH) untuk sandar dan mengikuti rangkaian kegiatan Harbour Phase. Hal tersebut juga menandai pertama kalinya KRI I Gusti Ngurah Rai-332 melaksanakan UNREP di laut setelah sebelumnya melaksanakan serangkaian uji coba dengan KRI Bontang-907.

Keterlibatan TNI AL dalam Latma Rimpac merupakan salah satu program antara TNI AL dengan US Navy dalam rangka meningkatkan profesionalisme, mempererat hubungan kerja sama, dan secara eksternal memiliki tujuan untuk meningkatkan peran diplomasi TNI AL sesuai dengan harapan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono serta meningkatkan hubungan persahabatan angkatan laut (navy brotherhood) antar negara peserta dalam menjaga stabilitas keamanan laut di kawasan.

Pada seri latihan Rimpac yang ke-28 ini, TNI AL mengirimkan satu kapal perang, yakni KRI I Gusti Ngurah Rai-332, 35 prajurit Marinir, dan tiga pengendali latihan yang akan mengikuti latihan mulai dari 29 Juni sampai dengan 4 Agustus di Kepulauan Hawaii, Amerika Serikat.

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Internasional