Connect with us

Militer

Laksamana Yudo Dianugerahi Gelar Penguasa Laut dari Sultan Ternate

JAKARTA, Metroheadline.com – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono menerima penganugerahan gelar kehormatan “Sangaji Ori Ma Ahi Malamo” Gelar Adat Kesultanan Ternate yang diberikan oleh Sultan Hidyatullah Sjah yang merupakan Sultan Ternate ke-49, bertempat diraung Foris Lamo Kadaton Sultan Ternate, Maluku Utara, Jumat, (25/11).

Kesultanan Ternate dimasa lampau merupakan salah satu kerajaan Islam Nusantara yang termasyur di Indonesia Timur. Sejak puncak kejayaannya hingga saat ini Kesultanan Ternate masih terpelihara keberadaannya. Dan ditempat ini pula tepat pukul 10.40 WIT Laksamana TNI Yudo Margono didampingi Ny. Vero Yudo Margono secara resmi dinobatkan menjadi Sangaji Ori Ma Ahi Malamo, gelar bangsawan sebagai warga kehormatan Kesultanan Ternate yang memiliki makna sebagai Penguasa Laut Terbesar.

Penganugerahaan gelar bangsawan ini di berikan atas kemampuan Laksamana Yudo sebagai pimpinan TNI AL dalam menjaga kedaulautan, keamanan, serta ketentraman laut Indonesia.

Penganugerahan Kesultanan Ternate kepada Kasal ini adalah gelar kehormatan atau gelar kebesaran yang sudah menjadi tradisi Kesultanan Ternate dan diberikan kepada pembesar-pembesar negara di tanah air maupun negara asing selama beratus-ratus tahun. Dimana pada abad yang lampau, Sultan-Sultan Ternate juga pernah memberikan gelar kepada utusan negara atau bangsa-bangsa asing yang singgah di Ternate.

Gelar “Sangaji Ori Ma Ahi Malamo” memiliki arti Sangaji adalah seorang pemimpin atau penguasa yang memiliki wilayah, Ori Ma Ahi adalah sebutan gelar untuk pimpinan atau Panglima Angkatan Laut, Ori Ma Ahi juga bisa diartikan sebagai perisai yang berasal dari kulit penyu, sedangkan Malamo memiliki makna Besar sesuai dengan kapasitasnya sebagai seorang Kasal.

“Suatu kehormatan bagi saya yang telah diberikan gelar kehormatan Kesultanan Ternate dengan nama “Sangaji Ori Ma Ahi Malamo”, tentunya ini bukan hal yang ringan untuk diberikan kepada saya, karena gelar ini memberikan konsekuensi yang harus saya laksanakan. Ucapan terimakasih sebesar-besarnya kepada Sultan Ternate serta Keluarga Besar Kesultanan Ternate karena tentunya mulai hari ini kami semuanya telah menjadi keluarga besar kesultanan Ternate, sebagai keluarga tentunya memiliki tanggung jawab moral pada Kesultanan Ternate,” ungkap Kasal.

Sementara itu, Sultan Ternate Hidyatullah Sjah menyampaikan ucapan terimakasih karena telah berkenan dikukuhkan dengan gelar kehormatan adat Kesultanan Ternate selaku “Sangaji Ori Ma Ahi Malamo” sekaligus memberikan bantuan kepada masyarakat Ternate.

“Saya berharap semoga dengan gelar ini Laksamana Yudo diberikan kekuatan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala, Tuhan Yang Maha Kuasa dalam mengemban segala tugas, amanah dalam menjaga kedaulatan bangsa dan negara ini di wilayah maritim”, ujarnya. Sebelum pemberian gelar ini tentunya ada sidang khusus antara Sultan Ternate dengan Bobato Dunia, Bobato Akhirat dan Qadhi Kesultanan Ternate yang diminta untuk memberikan saran dan masukan terhadap makna-makna secara historis tentang gelar yang diberikan kepada Kasal.

Usai rangkaian kegiatan di Kedaton, Kasal memberikan bantuan bahan kebutuhan pokok kepada masyarakat di sekitar Kedaton Ternate secara simbolis sebagai wujud kepedulian terhadap sesama keluarga besar Kesultanan Ternate.

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Militer