Connect with us

Nasional

Bakamla RI Gelar Latihan Keamanan dan Keselamatan Laut Terpadu

JAKARTA, metroheadline.com – Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) menggelar Latihan Keamanan dan Keselamatan Laut Terpadu di Aula 2 Mabes Bakamla RI, Jl. Proklamasi No. 56, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (29/11/2021). Menanggapi kondisi pandemi Covid-19, kegiatan Latihan Keamanan dan Keselamatan Laut Terpadu diselenggarakan secara luring dan daring.

Adapun kegiatan diikuti puluhan peserta secara luring perwakilan dari Bakamla RI, Mabes TNI, TNI AL, TNI AU, Basarnas, Ditjen Bea Cukai, BNN, Polairud, Ditjen PSDKP, LAPAN, Ditjen Hubla, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Sedangkan puluhan peserta mengikuti secara daring dari Kantor Kamla Zona Maritim Bakamla dan Kapal Negara Bakamla.

Selama 5 hari berkegiatan, Latihan Keamanan dan Keselamatan Laut Terpadu dimaksudkan untuk menyamakan visi, pola pikir dan pola tindak di lapangan terhdap segala bentuk penanganan pelanggaran dan tindakan keselamatan di laut dengan tujuan membangun sinergitas dan profesionalisme personel stakeholder dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sehingga tercipta kesamaan potensi kekuatan besar dalam penanganan berbagai permasalahan di laut.

Dalam sambutan Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia yang dibacakan oleh Sestama Bakamla RI Laksda TNI S. Irawan, M.M., menyampaikan bahwa sinergitas antar instansi yang terlibat dalam aspek keamanan dan keselamatan laut, adalah sebuah keniscayaan. “Melalui Latihan Operasi Keamanan dan Keselamatan Terpadu di Laut ini, diharapkan dapat memupuk kebersamaan sekaligus upaya untuk meningkatkan profesionalitas personel masing-masing stakeholder dalam melaksanakan tugas dan fungsinya,” tutur Laksda TNI Irawan.

Kegiatan pelatihan ini meliputi penyampaian materi di kelas, termasuk juga di dalamnya simulasi tactical floor game (TFG). Tidak hanya membahas trend keadaan laut di wilayah yurisdiksi Indonesia, namun langkah-langkah pencegahan dan penanggulangan turut dibahas dalam latihan ini.

Jajaran pejabat tinggi turut hadir dalam acara pembukaan pelatihan yaitu Deputi Operasi dan Latihan Laksda Bakamla Dr. T.S.N.B. Hutabarat, M.M.S., Deputi Informasi Hukum dan Kerja sama Laksda Bakamla Drs. I Putu Arya Angga S, Direktur Latihan Laksma Bakamla Bambang Irawan, S.E., M.Tr. Opsla, Direktur Data dan Informasi Laksma Bakamla Enjud Darojat, S.T., M.M., Direktur Operasi Udara Laksma Bakamla Olot Dwi Cahyono, Kepala Unit Penindakan Hukum Laksma Bakamla Iman Wahyudi, S.IK., M.Si., M.H., dan pejabat perwakilan dari KPLP, BRIN, Basarnas, BNN dan Puskodal TNI AL.

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Nasional