Home / MILITER

PERINGATI HUT TNI AL KE-76, PUSHIDROSAL GELAR UPACARA DAN SYUKURAN

Sabtu | 11 September 2021 16:03:47 WIB
PERINGATI HUT TNI AL KE-76, PUSHIDROSAL GELAR UPACARA DAN SYUKURAN FOTO | ISTIMEWA

METROHEADLINE.COM — Dalam rangka memperingati Hari jadi TNI AL yang ke-76 Pusat Hidro-Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) melaksanakan upacara militer dan syukuran .

Upacara memperingati HUT TNI AL ke-76 dilaksanakan di Lapangan Apel Mako Pushidrosal Jl. Pantai Kuta V No.1 Ancol Timur, Jakarta Utara. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Komandan Pushidrosal Laksamana Madya TNI Dr. Agung Prasetiawan, M.A.P.

Peringatan Hari Ulang Tahun TNI AL yang jatuh pada setiap tanggal 10 September, untuk tahun ini mengangkat tema “Dengan Semangat Jalasveva Jayamahe, Kita Siap Mewujudkan TNI Angkatan Laut Siap mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh.”

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. dalam amanatnya yang dibacakan oleh Danpushidrosal mengatakan bahwa kekuatan armada kapal perang, pasukan marinir, pesawat udara dan pangkalan yang terintegrasi dalam sistem senjata Armada Terpadu (SSAT) merupakan keunggulan sekaligus warna dari TNI Angkatan Laut yang terus berbenah dirin membangun serta membina kekuatan dan kemampuan sebagai Angkatan Laut yang professional modern dan tangguh.

Konsep Operasional Ready Force atau kekuatan yang siap dioperasikan harus diwujudkan dengan hasil nyata dengan indikator semakin banyak satuan-satuan operasi yang siap bertempur, semakin cepat dikerahkan, dan mampu berlayar, terbang serta berpatroli lebih jauh dan lebih lama di setiap medan operasi penugasan.

Meskipun di tengah pandemic Covid-19, prajurit TNI AL tetap melaksanakan tugas operasi sehari-hari. Kekuatan laut yang bertumpu pada SSAT akan selalu siap siaga di seluruh perairan Nusantara, di perbatasan laut, pulau terpencil, di atas cakrawala biru, maupun di daerah operasi perdamaian di bawah bendera PBB.

Setelah upacara, selanjutnya diadakan syukuran berupa pemotongan tumpeng yang dilaksanakan di lobby MakonPushidrosal. Pada kesempatan tersebut Komandan Pushidrosal memberikan penghargaan kepada personel Pushidrosal yang berprestasi dan memberi tali asih kepada personel yang baru saja memasuki purna tugas.

Selain itu, Komandan Pushidrosal juga melakukan komunikasi dengan tim survei yang sedang melaksanakan operasi survei di berbagai tempat melalui vicon. Pada kesempatan tersebut Komandan Pushidrosal memberikan penghargaan berupa tali asih kepada para personel pushidrosal yg saat ini sedang menjalankan tugas operasi, antara lain Opssurta di perairan Mamuju, di Danau Maninjau/ Singkarak, Selat Malaka, KRI Spica-934 dalam Ekspedisi Jala Citra I/2021 “AURORA” serta KRI Pollux-935 dalam operasi survei investigasi kerangka kapal kandas di Selat Bangka.



Penulis:
Editor: Redaksi