Home / MILITER

Danlanud Halim Perdanakusuma Tutup Latihan Dasar Survival

Minggu | 07 Maret 2021 | 09:16:51 WIB
Danlanud Halim Perdanakusuma Tutup Latihan Dasar Survival FOTO | ISTIMEWA

METROHEADLINE.COM — Danlanud Halim Perdanakusuma Kolonel Pnb Bambang Gunarto, S.T.,M.M.,M.Sc., secara resmi menutup latihan Survival Dasar tahun 2021 di Hanggar Wing Udara I Lanud Halim Perdanakusuma, Jumat (5/3/2021).

Dalam pengarahannya Danlanud menyampaikan ucapan terimakasih kepada para peserta, personel Kolat dan pendukung sehingga kegiatan survival dasar dapat terselenggara dengan aman dan lancar.

Latihan survival dasar ini bertujuan untuk melatih dan memelihara kemampuan awak pesawat ketika harus bertahan hidup dan mencari pertolongan dikarenakan pesawat terpaksa melaksanakan pendaratan darurat baik di wilayah daratan maupun perairan.

Selama latihan yang berlangsung sejak Rabu (3/3/2021) lalu, para peserta akan mendapatkan materi tentang teori bertahan hidup meliputi jungle survival, ilmu peta, kompas siang, HTF, kompas malam, berbivak, speed march, pandu udara dan evakuasi medis udara, ilmu tumbuhan dan hewan, teori rapling, tali-temali dan teori sea survival.

Pelaksanaan latihan sendiri tetap menerapkan protokol kesehatan, ditambah para seluruh personel yang terlibat dalam latihan melakukan tes swab antigen baik sebelum, saat berlangsung maupun sesudah latihan.

Lebih lanjut Danlanud mengatakan dalam penyelenggaraan latihan tentu ada kekurangan, untuk itu kepada seluruh peserta, Kolat dan pendukung agar dapat memberi masukan demi kesempurnaan latihan dasar survival dikemudian hari, juga untuk kesiapan latihan survival lanjutan yang akan dilaksanakan Koopsau I pada akhir Maret tahun 2021 yang akan datang.

Sebelum mengakhiri pengarahannya, Danlanud juga mengingatkan untuk melakukan cek dan ricek secara keseluruhan, baik fisik maupun kelengkapan, juga jangan sampai ada kerugian baik personel maupun materil.

Dikarenakan masih dalam masa pandemi, setelah kegiatan latihan selesai saya minta seluruhnya untuk selalu menjaga kondisi dan imunitas tubuh, gunakan waktu istirahat dengan sebaik-baiknya dan tetap terapkan protokol kesehatan, tutup Danlanud.

_Endro_



Penulis:
Editor: Redaksi