Home / MILITER

Tingkatkan Profesional, Prajurit Lanud Supadio Latihan Kamhanlan dan PHH

Rabu | 14 Oktober 2020 | 17:10:01 WIB
Tingkatkan Profesional, Prajurit Lanud Supadio Latihan Kamhanlan dan PHH FOTO | ISTIMEWA

METROHEADLINE.COM — Prajurit Pangkalan TNI AU (Lanud) Supadio bersama prajurit Batalyon 465 Paskhas Brajamusti melaksanakan Latihan Keamanan dan Pertahanan Pangkalan (Kamhanlan) serta latihan Penanggulangan Huru Hara (PHH). Kegiatan latihan berlangsung di Hanggar Lanud Supadio, Rabu (14/10/2020), dengan melibatkan 75 prajurit dan setiap prajurit dipersenjatai dengan senjata laras panjang.

Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Lanud Supadio Letkol Pnb Agung Indrajaya mengatakan latihan Kamhanlan dan PHH merupakan Latihan yang rutin dilaksanakan oleh prajurit dijajaran Lanud Supadio maupun prajurit Batalyon 465 Paskhas. Dengan adanya latihan semacam ini tentunya dapat meningkatan profesional prajurit dalam setiap penugasan.

“Untuk latihan Kamhanlan dititikberatkan pada patroli keamanan sekaligus pengecekkan patok batas wilayah Lanud dengan masyarakat sekitar, Dari pengecekkan ini tentunya kita akan mengetahui kondisi keamanan dan kondisi patok batas yang ada disekitar wilayah Lanud,” ujar Kadisops disela-sela kegiatan latihan.

Disisi lain, lanjut Kadisops, dengan adanya latihan ini juga dapat mengantisipasi kerawanan yang dapat mengganggu keamanan disekitar pangkalan udara maupun bandara Supadio sekaligus bertujuan meningkatkan kemampuan setiap personel dalam pengamanan dan patroli di wilayah Lanud Supadio.

Sementara itu, Kasikamhanlan Mayor Pom Aswinto Gaib menjelaskan memasuki semester kedua tahun ini, prajurit Lanud Supadio kembali melaksanakan latihan Kamhanlan dan PHH. Namun, untuk kali ini melibatkan pasukan dari Batalyon 465 Paskhas Brajamusti.

“Kedua latihan ini bertujuan agar setiap personel mengetahui dan memahami tentang pertahanan pangkalan dari berbagai aspek yang dapat mengancam dan mengganggu keamanan Lanud. Sedangkan latihan PHH bertujuan agar setiap prajurit yang ditugaskan menjadi pasukan PHH dapat mengetahui taktik dan prosedur tetap tentang penanggulangan huru-hara,” pungkasnya.




Penulis:
Editor: Redaksi