Home / MILITER

Personel Bakamla RI/ IDNCG Masuki Kapal Indian Coast Guard

Selasa | 19 November 2019 | 15:24:24 WIB
Personel Bakamla RI/ IDNCG Masuki Kapal  Indian Coast Guard FOTO | ISTIMEWA

METROHEADLINE.COM — Puluhan Personel Bakamla RI mendapatkan kesempatan untuk melakukan kunjungan Openship kapal Indian Coast Guard Shaurya 16, yang bersandar di Dermaga Jakarta Internasional Container Terminal (JICT) 2 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin (18/11/19).

Pada saat tiba di Dermaga JICT 2 Tanjung Priok, rombongan Indonesia Coast Guard bersama siswa Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta disambut hangat oleh personel Indian Coast Guard dan keakraban tersebut dibuktikan dengan foto bersama disamping kapal Shaurya yang panjangnya mencapai 105 m tersebut.

Agenda berikutnya, personel Bakamla RI bersama siswa STIP Jakarta diarahkan untuk masuk kedalam kapal Shaurya untuk mengenal lebih dekat tentang Indian Coast Guard. Rajat Kumar selaku perwira di Indian Coast Guard memandu rangkaian kegiatan diatas kapal Shaurya. Rajat Kumar menjelaskan tugas dan fungsi dari Indian Coast Guard yaitu memberikan perlindungan bagi nelayan termasuk bantuan bagi mereka yang mengalami kesulitan di laut.

Selanjutnya, rombongan diajak untuk berkeliling kapal Shaurya. Kunjungan pertama rombongan menuju haluan kapal Shaurya, kemudian dilanjutkan menuju anjungan kapal. Di dalam anjungan Rajat Kumar menjelaskan tentang alat-alat serta perangkat pendukung navigasi, seperti radar, peta, kompas, dan alarm. Baik personel Bakamla dan siswa STIP Jakarta terlihat begitu antusias dan aktif mendengar penjelasan Perwira Indian Coast Guard tersebut.

Pada akhir kunjungannya, Deputy Inspector General P Syam Kumar memberikan salam perpisahan kepada rombongan yang dipimpin Mayor Bakamla Riandi Yudha Gunawan, S.IP., M.Han., selaku ketua rombongan dalam openship Indian Coast Guard Ship Shaurya 16.

Seusai acara tersebut, siswa STIP Jakarta melanjutkan kunjungannya ke kapal Bakamla RI KN Belut Laut 406 yang sedang bersandar.

Dalam kesempatan ini mahasiswa STIP diperkenalkan alat alat navigasi yang ada di KN Belut Laut 406 serta cara penggunaannya oleh Peter Dewangga, S.Tr.Pel selaku Mualim Kapal dan Serda Bakamla M. Ajid Deva Wiratama selaku Juru Mesin. Di akhir kunjungan di KN Belut Laut 406, seluruh rombongan dan ABK KN Belut Laut 406 mengabadikan momen kebersamaan tersebut dengan photo bersama di haluan kapal.



Penulis:
Editor: Redaksi