Home / MILITER

Hadapi Perkembangan Lingkungan Strategis, Pasis Sekkau A-106 Gelar Seminar Nasional

Rabu | 06 November 2019 | 18:05:32 WIB
Hadapi Perkembangan Lingkungan Strategis, Pasis Sekkau A-106 Gelar Seminar Nasional FOTO | ISTIMEWA

METROHEADLINE.COM — Perwira Siswa Sekkau angkatan ke-106, melaksanakan Seminar Nasional yang dilaksanakan di Gedung Pramanasala Ksatrian Sekkau, Jakarta, Rabu (6/11). Seminar Nasional Pasis Sekkau Angkatan ke-106 tersebut bertajuk “Penguatan Diplomasi Pertahanan Dalam Rangka Mendukung Kepentingan Nasional Indonesia”
Dalam sambutan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna S.E.,M.M yang dibacakan Dankodiklatau Marsekal Muda TNI Tatang Herlyansyah S.E., M.M mengatakan, diperlukan berbagai upaya dan langkah antisipatif, untuk mempertahankan stabilitas keamanan negara dan kawasan regional, agar tidak terganggu dengan kedinamisan dan kompleksnya perubahan lingkungan strategis. Salah satu upaya yang dapat dilakukan, adalah melalui Diplomasi Pertahanan termasuk berbagai upaya untuk memperkuat diplomasi tersebut.


Ditambahkan, Diplomasi pertahanan, merupakan upaya konstruktif untuk menghindari timbulnya konflik, serta sebagai upaya untuk memuluskan jalan menuju tercapainya kepentingan nasional, baik untuk kemakmuran bangsa, keamanan nasional, dan tegaknya kedaulatan negara," jelasnya.

Sementara itu Direktur Keamanan Internasional dan Perlucutan Senjata, Kementerian Luar Negeri, Grata Endah Werdaningtyas mengatakan, personel TNI tidak hanya perlu mendapatkan pelatihan dasar, tetapi juga penting untuk melatih soft-skills lain, seperti, Bahasa asing, strategi komunikasi dan community engagement. Tidak hanya itu personel TNI pun perlu juga mendapatkan pelatihan tentang, negosiasi dan mediasi, serta pengetahuan taktis, operasional dan pengumpulan informasi yang strategis di lapangan.

Selain itu lanjutnya, profesionalisme dan kode etik, dengan orientasi pada performance serta menjunjung tinggi HAM. serta peran yang lebih besar bagi personel perempuan. "Ini adalah penting sejalan dengan semangat dan tuntutan internasional saat ini, dan tidak hanya gesture semata," jelasnya.


Kegiatan Seminar Nasional ini adalah sebagai wujud pelaksanaan kurikulum pendidikan Sekkau Angkatan 106 T.A 2019, dengan tujuan memberikan wawasan yang lebih luas kepada Pasis Sekkau Angkatan 106 dan peserta seminar pada umumnya serta memberikan sumbangan pemikiran dan bahan pertimbangan kepada pimpinan dalam mengambil kebijakan dimasa mendatang.
Seminar ini menghadirkan tiga orang narasumber yakni Prof. Dr. Makarim Wibisono, MA-IS, MA, Dr. Ian Montratama. serta Dirjen Strategi Pertahanan, Kemhan RI Mayjen TNI Rizerius Eko HS., S.E., S.AP., M.Si., yang diwakili Kolonel Adm Agung, SFI., M.Si.

Diharapkan hasil seminar ini dapat memberikan kontribusi positif dan pemikiran kepada pimpinan guna membekali para Pasis Sekkau serta peserta seminar dalam menghadapi perkembangan lingkungan strategis yang berkembang saat ini.



Penulis:
Editor: Redaksi