Home / POLKUMHAM

Pilih Kepala Daerah Yang Peduli Terhadap Dakwah

Selasa | 14 Februari 2017 | 11:01:56 WIB
Pilih Kepala Daerah Yang Peduli Terhadap Dakwah FOTO | ISTIMEWA

METROHEADLINE.COM — JAKARTA - Anggota Persyarikatan diimbau untuk memilih kepala daerah berdasarkan kriteria yang telah ditentukan Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah di 101 daerah peserta Pilkada serentak.

“Yakni, berakhlak mulia, amanah, jujur, bersih, kompeten, dekat dengan rakyat dan peduli terhadap dakwah serta perjuangan umat Islam," ujar Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nasir dalam keterangan pers di Kantor Pusat Muhammadiyah, Menteng, Jakarta, Senin (13/2/2017).

Ditambah Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Muti, bahwa PP Muhammadiyah juga mengimbau enam polin penting bagi pelaksanaan Pilkada serentak yang digelar pada Rabu 15 Februari 2017.

Pertama, Pilkada serentak hendaknya dijadikan proses dan mekanisme politik yang demokratis dan bermartabat dalam memilih pemimpin daerah.

Kedua, megimbau warga negara yang memiliki hak pilih untuk menggunakan hak politiknya secara bertanggungjawab dengan pertimbangan dan sikap kritis, objektif, dan rasional, menjaga ketertiban, menghormati perbedaan pilihan dan memelihara persatuan.

Ketiga, penyelenggara agar menjamin proses an kontestasi demokrasi tersebut benar-benar berkualitas dengan menjunjung tinggi profesionalitas.

Keempat, kepada pasangan calon kepala daerah dan para pendukungnya untuk bersikap jujur, bijaksana, dan berjiwa besar meneruma apapun hasil Pilkada.

Kelima, meminta aparatur keamanan untuk melindungi, menjamin keamanan dan menciptakan rasa aman bagi seluruh masyarakat.

"Terakhir, seluruh warga masyarakat hendaknya menjaga kebersamaan dan kerukunan bahwa perbedaan pilihan politik tidak menjadi faktor keretakan dan disintegrasi sosial dalam berbangsa dan bernegara," paparnya.

Muhammadiyah, sambungnya, berharap masyarakat menggunakan hak pilihnya secara bertanggung jawab dengan pertimbangan dan sikap kritis dan obyektif serta rasional. Pilkada serentak, dijadikan proses dan mekanisme politik yang demokratis dan bermartabat dalam memilih pemimpin daerah yang terbaik dan menjadi suri teladan bagi kehidupan bangsa.

Muhammadiyah mengapresiasi dukungan masyarakat, penyelenggara pilkada, pasangan calon dan tim kampanye, media massa dan aparatur keamanan atas terselenggaranya kampanye yang damai, aman, santun, beradab dan berkualitas," katanya.

Muhammadiyah juga berharap pilkada menjamin proses dan kontestasi demokrasi yang benar-benar berkualitas dengan menjunjung tinggi objektivitas, profesionalitas, amanah, menegakan aturan yang adil, transparan dan tidak memihak salah satu calon.



Penulis:
Editor: Redaksi